Ya tuhan ijinkan aku kurus

Ups berat badanku naik lagi, berapa sih…..waduh tiga kilo. Kok bisa ya, pasti gara gata nasi padang kemarin.

Lha kok nasi padang yg kamu salahin, bukannya tabiat dan kelakuan kamu……..otak ku mulai memberontak dan berkhianat.

Katanya sih disuruh makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, lha apa bisa ? Makan itu sebuah aktivitas utk mempertahankan badan agar tetap tegak berdiri dan mampu menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Aktivitas yg dimaksud jelas adalah aktivitas badan dan fisiologis. Aktivitas badan adalah bagaimana dengan makan yg cukup kita masih bisa ‘gesit’ dan ‘enak dilihat’, badan yg proporsional mampu menjalani bbrp aktivitas, itulah aktivitas badan. Aktivitas fisiologis adalah bagaimana badan kita mampu jalankan sistemnya sebagaimana mestinya, bagaimana sistem digest, sistem kardiovaskular, sistem endokrin dan sistem sistem yg lain bekerja optimal tanpa menghalangi, jangan sampai aktivitas makan kita membuat deah menjadi kental, sempitkan pembuluh darah, ngeblok intake oksigen di paru atau bahkan menciptakan ketidakseimbangan sistem immun yg ujungnya adalah cancer, hadew……

Lha kalo gitu gimana dong

Bayangin aja, kita abiskan banyak duit tuk beli makanan dan minuman yg mewah enak dan membuat kita puas, tp kita gak gesit gak enak dipandang mata, trus sakit sakitan dan banyak penyalit sehingga kita harus merogoh kocek dalam dalam tuk kita bisa idup. Bayangin aja, makan yg untuk idup bila kita lakukan berlebih maka kita butuh duit banyak tuk bertahan idup.

Takut gak sih kalo dah gitu……

Makanan bila berlebih itu racun, itu kata tukang sapu di sepanjang kampung kali semarang, keliatannya aku kudu amini kalimat itu.

Lho kurus juga bukan jaminan sehat kan, yups betul tp kalo gemuk jelas jaminan sakit kan, banyangin aja pembuluh darah harus menembus lapisan lemak tuk edarkan oksien ke sela sela tumpukan lemak kamu. 

Seimbangkan makan mu, gigi seri itu utk memakan dedaunan, gigi taring itu untuk mencabik daging dan gigi geraham itu uyk menumbuk biji…….sesuaikan, bagaimana proporsi gigi seri-taring-geraham yg kamu punya dan sesuaikan dengan makanan kamu. 

Ayo sehat

About angkringanhati

hadirkan kebersahajaan angkringan di hati setiap kita, konsep angkringan yang sangat proletar hidup dalam jiwa jiwa aristokrat yang lunak...
This entry was posted in renungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment