‘Baju’ untuk tuhan

Pagi itu dikantor, tepatnya di lobby, ada bapak bapak berbaju mecis duduk dengan sepatu gilap di ujung kaki yg disilangkan. Ketika kutanya,”Mau ketemu siapa pak ?”, dia jawab,”Mau ketemu kepala”, selorohnya. Pikirku cakep bener nie orang, rapi dan wangi bau badannya dan perlente dandannya. 

Senior, sebut aja si Badu, tergopoh tergesa masuk ruangannya, pake dasi dan sepatu sebentar berdandan di depan cermin ambil buku agenda dan mempercepat jalannya menuju sebuah ruang, ya ruang kepala. Sebegitunya ya.

Ya begitu lah adab dan tatacara di budaya kita, bila dipanggil atasan atau teman atau orang yg kita hormati, pastilah harus sesegera mungkin, sebaik dan seharum mungkin kita berdandan. Karna itu menunjukkan respek seseorang, respek kepada yg dihormati-ditakuti-disegani.

Bagaimana dengan yg lain.

Inget bener tanggal itu tanggal 17, dimana tiap bulannya bbrp pegawai negeri di negara ini memakai seragam khas mereka. Adzan dhuhur sudah dikumandangkan, saat saya liat bbrp pegawai memasuki pelataram masjid dengan baju khas mereka. Ah itu biasa aja kan ?

Eit nanti dulu…..

Baju itu digunakan karna memang ada aturan tuk digunakan pada tanggal 17, tp apakah itu yg diatur digunakan utk sholat ?

Halah, sekalian aja deh, pasti itu jawabnya…..

Di sisi yg lain, seoramg tukang sayur keliling masuk pelataran parkir masjid dan memarkirkan motor yg penuh dengan sayuran di bak belakangnya. Sesaat dia ambil bungkusan plastik di bawah tumpukan sayur itu, bergegas dalam baju lusuhnya dia sedikit berlari menuju kamar mandi. Cuku p lama dia di dalam, sesaat keluar dia telah gunakan baju koko bersih dan baju lusuhnya dia lipat masuk dalam tas plastik, dengan khusuk dia ambil air wudhu. 

Kok beda ya dengan bapak yg berseragam tadi.

Ah tukang sayur kan bajunya pasti kotor, kalo bapak kantoran tadi enggak. Siapa bilang, bahkan pada waktu hari olah raga, banyak bapak bapak kantoran yg nekat sholat jumat pake baju olah raga, apa gak kotor !!!

Saya kira ini bukan masalah kotor atau tidaknya, kita juga gak bisa memastikam najis datang atau tidak selagi kita bekerja. Kita juga gak bisa memastikam baju yg kita kenakan robek apa tidak ketika kita bekerja, tp kita pastikan kita tidak membawa baju khusus untuk sholat !!!

Akui itu…..

Utk bertemu bos kita rapih, baju perlente dan pake parfum. Begitukah kalo kita hendak sholat ashar atau dhuhur, sholat disela sela kita bekerja.

Bila dipanggil pimpinan kita terburu buru, semua urusan kita tinggalkan, bagaimana bila kita mendengar adzan, pernahkah lita buru buru tuk mendatangi masjid, pernahkah kita tinggalkam semua urusan bilamana mendengar adzan, atau pernahkah kita menantikan adzan, mungkin pernah, hanya ketika kita berpuasa tuk nantikan adzan maghrib.

Ayolah kawan, bos bisa berganti, sementara tuhanmu kekal.

Ayolah kawan, pimpinam bisa marah, sementara tuhanmu bisa turunkan adzab yg lebih pedih.

Ayolah kawan, kepala kantornya masih memohon kepada tuhan, sementara kamu sia sia kan tuhan.

Adilkah ini, engkau sepelekan tuhanmu dengan dengan pakaian yg engkau gunakan, kau tak istimewakan Dia layaknya bos kamu dikantor, ayolah berubah mulai sekarang, ingat hidup ini hanya utk kehidupan setelah mati.

About angkringanhati

hadirkan kebersahajaan angkringan di hati setiap kita, konsep angkringan yang sangat proletar hidup dalam jiwa jiwa aristokrat yang lunak...
This entry was posted in renungan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a comment