Kuda Binal itu Bernama Amarah

Dasar…..

Umpatan itu keluar meluncur dari mulut mungil seorang anak kecil kepada temannya. Kaget saya denger itu……

Parah sekali, atau mungkin kedua orang tuanya yg sudah terbiasa dengan kata kata kasar, sehingga kata itu jadi bisa terlancur karna biasa dilakukan di rumah nya.

Dalam benak saya, bila anak sekecil itu dengan ringan mengeluarkan umpatan seperti itu hanya karna masalah sepele, bagaimana kelak kalo dia dewasa, bagaimana kelak kalo dia memimpin, bagaimana kelak bila dia jadi seorang penguasa……..mungkin tlah terbiasa dengan kata kata kasar dan jorok, astaghfirullah !!!

Sebetulnya apa tho kata kata kasar itu, menurut bbrp buku yg saya baca, kata kata kasar adlh sebuah bentuk ketidakmampuan seseorang dalam mengendalikan amarah yg meledak sesaat. Pengendalian amarah ini terpicu oleh sebuah pemikiran buntu ttg sebuah kejadian atau sebab, menimbulkan tekanan dalam bathin dan jiwa dia dan memerintahkan otak tuk mengeluarkan kata kata kasar sebagai bentuk “arogansi utk menutupi kelemahannya”. Nah pengendalian ini bilamana bisa dijalani maka kata kata kasar itu tidak perlu keluar dan teredam oleh pikiran yg memerintahkan utk melakukan SOP “stop”. 

SOP ini yg tak lain singkatan dari Stop (mencoba kendalikan amarah), Think (berpikir kenapa ini terjadi dan akan dibawa kemana kondisi ini), Opportunity (cari dan gali peluang yg ditemukan dan coba pilih dan pilah yg terbaik), dan setelah itu Planning (rencanakan, semua peluang hasil dari pemikiran dan penciptaan peluang yg ada). 

Huft panjang bos tahapannya.

Eit tunggu dulu, kunci dari semua tahapan ini adalah stop atau berhenti. Kalo Mahatma Gandhi bilang ahimsa, kalo islam bilanh i’tikaf, kalo inggris bilang stop, berhenti dan pikir. Tp bila kita marah meluapkan kata kata kasar maka konsepsi ahimsa-i’tikaf-stop ini telah gagal. Gagal karna pikiran sudah 85% condong dikuasai oleh amarah, dan pikiran yg dikuasai amarah hanya akan melahirkan 25% peluang terbaik dan sekali lagi peluang terbaik sekecil itu hanya akan melahirkan tak lebih 10% perencanaan yg sempurna.

Nah loe, tau kan kenapa kita gak bole marah marah, karna semuanya bisa hancur dengan kemarahan yg diungkapkan dengan kata kata verbal, coba pegang kekang kuda binal ini, arahkan dan gunakan kekuatannya ke arah yg lebih baik.

Hidup cuma sekali buat apa kita sesali

About angkringanhati

hadirkan kebersahajaan angkringan di hati setiap kita, konsep angkringan yang sangat proletar hidup dalam jiwa jiwa aristokrat yang lunak...
This entry was posted in renungan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a comment